Sabtu, 09 Maret 2013

Struktur Basis Data



1.      Pengertian Entitas
          Entitas adalah suatu objek yang dapat didefinisikan dalam lingkungan pemakai. Sebagai contoh pelanggan, pegawai dll. Seandainya entitas A adalah entitas pegawai maka entitas A mempunyai atribut-atribut dari pegawai (nip,nama,alamat), sedangkan jika entitas B adalah entitas pelanggan maka entitas B mempunyai atribut-atribut dari pelanggan(id_pelanggan,nama). Karena itu harus dibedakan entitas sebagai bentuk umum dari deskripsi tertentu dan isi entitas seperti A dan B dalam contoh di atas.

2.      Pengertian Record / Tuple
        Merupakan data lengkap dalam jumlah tunggal yang biasanya tersimpan dalam bentuk baris secara horizontal pada tabel (kumpulan data value dari berbagai atribut dalam baris yang sama). Tuple (Tupel) merupakan suatu baris dari suatu relasi. Tuple merupakan baris pada sebuah relasi atau kumpulan elemen-elemen yang saling berkaitan menginformasikan tentang suatu entitas secara lengkap. Sebagai contoh, nama, alamat, tanggal_lahir, dan jenis_kelamin dari seseorang menyusun sebuah record.

3.      Pengertian Field / Atribut
        Entitas mempunyai elemen yang disebut atribut, dan berfungsi mendekripsikan karakter dari entitas. Atribut adalah karakteristik yang dimiliki oleh suatu entitas dimana karakteristik itu bermakna atau berarti bagi organisasi atau perusahaan, misalnya untuk pencatatan data pegawai di suatu instansi, entitas pegawai mungkin memiliki atribut-atribut nip, nama, alamat, nomor_telepon, gaji pokok dan lainnya. Setiap entitas pasti memiliki aribut yang mendeskripsikan karakter dari entitas tersebut. Penentuan atau pemilihan atribut-atribut yang relevan bagi sebuah entitas merupakan hal penting dalam pembentukan model data.

4.      Elemen dalam Struktur Entitas
a.    Atribute/field yaitu setiap entitas mempunyai atribut atau suatu sebutan             untuk mewakili suatu entitas.
Contoh :
Entitas siswa àfield = Nim, nama_siswa,alamat,dll
Entitas nasabah àfield=Kd_nasabah,nama_nasabah,dll

b.    Data value yaitu data aktual atau informasi yang disimpan pada tiap data elemen atau atribute.
Contoh :
Atribut nama_karyawan àsutrisno, budiman,dll

c.    Record/tuple yaitu kumpulan elemen-elemen yang saling berkaitan menginformasikan tentang suatu entitas secara lengkap.
Contoh : record mahasiswaànim, nm_mhs, alamat.

d.   File, kumpulan record-record sejenis yang mempunyai panjang elemen sama, atribut yang sama, namun berbeda-beda data valuenya.



5.      Pengertian Relasi
        Relasi adalah Hubungan antar suatu entitas dengan entitas lainnya. Oleh karena itu relasi menunjukkan adanya hubungan di antara sejumlah entitas yang berasal dari himpunan entitas yang berbeda. Dalam sebuah database terdapat hubungan antar tabel yang menjelaskan keterkaitan satu tabel dengan tabel lain,hal ini di sebut relasi.
Contoh: Mahasiswa dengan Matakuliah .
6.                  Jenis Relasi antar Atribut
a.       Relasi One to One:

One to One Berarti satu entitas hanya akan berelasi/berhubungan dengan hanya satu entitas saja.
b.      Relasi One to Many

Relasi One To. Many berarti satu entitas akan berelasi/berhubungan ke banyak entitas sekaligus
c.       Relasi Many to One

Relasi Many to one berarti banyak entitas akan berelasi/berhubungan ke satu entitas sekaligus.
d.      Relasi Many to Many

Relasi Many to Many berarti banyak entitas akan berelasi/berhubungan dengan banyak entitas juga.

0 komentar:

Posting Komentar